Prosiding

Prosiding "Teknologi Perbenihan, Silvikultur dan Kelembagaan dalam Peningkatan Produktivitas Hutan"

Senin, 21 Des 2015 | 484 Dibaca

Prosiding

Keberhasilan institusi Litbang ditentukan oleh tingkat produktivitasnya dalam menghasilkan IPTEK serta tingkat pemanfaatan IPTEK yang telah dihasilkannya oleh masyarakat.  Karena itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menaruh harapan besar kepada Badan Litbang dan Inovasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI LHK) agar mampu mencapai derajat keberhasilan tersebut. BLI LHK diharapkan mampu menjadi penyedia landasan ilmiah bagi berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh KLHK dan menjadi pilar utama dalam memberikan solusi yang tepat atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

Sebagai upaya untuk menggapai harapan Menteri LHK di muka, Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan dan Balai Penelitian Kehutanan Palembang telah menyelenggarakan Seminar Bersama Hasil Litbang di Bandar Lampung pada tanggal 11 Agustus 2015. Seminar tersebut juga didukung oleh Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan, Pemerintah Daerah dan UPT KLHK wilayah Provinsi Lampung.

Seminar yang mengusung tema “Teknologi Perbenihan, Silvikultur dan Kelembagaan dalam Peningkatan Produktivitas Hutan dan Lahan” tersebut dimaksudkan untuk menjembatani proses transfer IPTEK antara BLI KLHK dengan pengguna. Kehadiran penyuluh dan berbagai mitra dapat menjadi indikator terjalinnya hubungan baik antara BLI KLHK dengan mitra. Kehadiran mereka diharapkan dapat menjadi jembatan emas yang dapat menghubungkan BLI KLHK dengan masyarakat sebagai pengguna utama hasil litbang.

Pada seminar tersebut juga diberikan kesempatan bagi semua peserta untuk berdiskusi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman serta bersama-sama membahas beragam tantangan dan permasalahan yang dapat menghambat program peningkatan produktivitas hutan dan lahan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan solusi terhadap permasalahan yang ada, serta untuk menjaring input balik (feedback) tentang aspek dan topik riset yang dibutuhkan pada masa mendatang.

Prosiding ini disusun sebagai outcome dari pelaksanaan seminar tersebut. Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangsihnya sehingga acara tersebut terselenggara dengan sukses. Tak lupa, ucapan terima kasih juga dihaturkan kepada semua pihak yang telah meluangkan waktunya untuk mengumpulkan bahan, menyunting dan memproses pencetakkan sehingga prosiding ini dapat tersaji di hadapan pembaca.


Baca Unduh


Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar