Buku / Bunga Rampai

KAYU BAWANG Bag VI

Kamis, 5 Apr 2018 | 44 Dibaca

KAYU BAWANG Bag VI

PERENCANAAN PENGELOLAAN HUTAN RAKYAT KAYU BAWANG SEBAGAI JENIS UNGGULAN DI PROVINSI BENGKULU

(Hengki Siahaan, Agus Sumadi)

Perencanaan pengelolaan pada unit manajemen hutan tanaman merupakan instrumen penting untuk mencapai keberhasilan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pada unit pengelolaan hutan tanaman berbentuk hutan rakyat yang dikelola oleh petani dengan skala yang kecil, seringkali perencanaan tidak dilakukan secara baik. Dampak yang umumnya terjadi adalah bahwa hasil yang diperoleh tidak sesuai harapan atau tidak menguntungkan sehingga setelah daur pertama dipanen, petani akan mengganti jenis dengan tanaman lainnya yang dianggap lebih menguntungkan.

Pengembangan kayu bawang di Provinsi Bengkulu merupakan salah satu bentuk unit manajemen hutan rakyat skala kecil. Pada hutan rakyat ini, pengelolaan masih dilakukan secara konvensional walaupun budidaya jenis ini telah lama dilakukan. Hal ini ditandai dengan belum adanya perencanaan dalam rangkaian kegiatan pengembangannya, baik pada awal penanaman maupun saat pemanenan. Petani belum dapat menduga kapan pohon yang ditanamnya dapat dipanen dan berapa hasil (volume kayu) yang dapat diperoleh. Pengetahuan yang kurang dalam hal pertumbuhan dan penaksiran volume tegakan menjadikan petani memiliki daya tawar yang rendah terhadap pembeli kayu. Dengan kondisi demikian petani cenderung menjual tegakan secara borongan dengan nilai jual yang rendah.

Penanaman kayu bawang umumnya dilakukan dalam skala kecil dengan luasan umumnya kurang dari 1 hektar. Tujuan pengusahaan umumnya belum terfokus pada usaha produksi kayu yang kontinyu dengan kualitas dan kuantitas yang tertentu, tetapi lebih pada upaya pemanfaatan lahan atau usaha sampingan yang sewaktu-waktu dapat dipanen. Selain itu penanaman pohon sering dilakukan pada batas tepi tanah milik sebagai tanda kepemilikan lahan dan pada umur tertentu dapat dipanen sebagai tambahan penghasilan.


Baca Unduh


Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar