Buku / Booklet

Buku Prosiding Seminar 2018

Rabu, 16 Jan 2019 | 256

Buku Prosiding Seminar 2018

KATA PENGANTAR

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) gambut tahun 2015 dinilai banyak pihak sebagai pengalaman terburuk sepanjang sejarah kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Kronik peningkatan intensitas kebakaran lahan gambut memang tidak terlepas dari kerusakan fungsi hidrologis gambut yang berperan sebagai penyebab dan sekaligus dampak dari kejadian kebakaran itu sendiri. Puncak bencana ekologi berulang ini telah membangkitkan kesadaran untuk melakukan restorasi gambut. Oleh karena itu, pemerintah menetapkan target restorasi lahan gambut sampai tahun 2020 seluas 2 juta hektar.

Catatan-catatan ilmiah tentang restorasi gambut selalu menyebut 4 (empat) aspek utama kegiatan restorasi; yaitu 1) pelibatan masyarakat; 2) restorasi hidrologis; 3) restorasi dan rehabilitasi (aspek kehutanan dan biologi); 4) pencegahan kebakaran. BRG kemudian menggunakan istilah 3R, yaitu Rewetting (pembasahan kembali), Revegetation (revegetasi), dan Revitalization of livelihoods (revitalisasi sumber mata pencaharian). Tidak/belum ada preskripsi umum yang meyakini satu aspek lebih penting dari aspek yang lain, atau satu aspek menjadi prasyarat bagi keberhasilan aspek lain. Para pakar merekomendasikan agar seluruh aspek restorasi dijalankan secara simultan. Pelajaran-pelajaran dari praktik lapangan dari beragam tempat, beragam kondisi ekologis dan sosial yang melintasi ruang dan waktu akan sangat membantu memprediksi peta jalan aksi restorasi yang sedang berjalan dan akan dilakukan.

Seminar Nasional  “Merawat Asa Restorasi Gambut, Pencegahan Kebakaran dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat” yang diselenggarakan pada tanggal 25 Juli 2018 disasarkan memberi kesempatan bagi semua pihak terkait untuk berdiskusi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman serta bersama-sama membahas berbagai tantangan dan permasalahan yang menghambat dalam upaya merestorasi gambut, mencegah kebakaran hutan dan lahan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat sehingga pada akhirnya diperoleh solusi terhadap permasalahan yang ada.

Prosiding ini disusun sebagai outcome dari seminar yang telah dilaksanakan. Kepada semua pihak yang telah turut menyukseskan terselenggaranya kegiatan seminar dan telah membantu di dalam penyusunan prosiding ini, diucapkan terima kasih.

                                                                  

 

Palembang,    Desember 2018

Kepala Balai Litbang dan Inovasi

 

 

Dr. Ir. Agus Justianto

                                                                          

Untuk lebih lengkap silakan klik link dibawah

https://drive.google.com/drive/u/2/folders/1fnNeIT4Zphz2U7GEWMJ451IDvFAtXLMd


Baca Unduh


Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar