Booklet

Hutan Sungkai

Kamis, 17 Des 2015 | 609 Dibaca

Hutan Sungkai

Penanaman jenis tanaman hutan dapat menjadi pilihan investasi bagi masyarakat pada Hutan Rakyat (HR) dan pengusaha melalui Hutan Tanaman Industri (HTI). Sungkai (Peronema canescen Jack.) merupakan jenis kayu mewah dan mudah dibudidayakan serta telah lama dikenal masyarakat. Saat ini, produktivitas kayu sungkai masih rendah dan sistem pemasaran kayu yang tidak transparan menjadi kendala dalam mendapatkan keuntungan.

Pengembangan tanaman sungkai yang dilakukan selama ini tidak didukung dengan pengetahuan tentang teknik silvikultur yang tepat. Pada umumnya penanaman masih menggunakan pola sederhana dengan menanam tanpa pemeliharaan. Teknik silvikultur belum diterapkan, setelah ditanam tanaman sungkai dibiarkan “mandiri” tanpa sentuhan pemeliharaan sing­ling/ penunggalan batang, prunning/pemangkasan dan thinning/penja­rang­an sehing­ga produktivitas tidak maksimal. Peningkatan produktivitas tanaman sungkai dapat dilakukan dengan penerapan silvikultur intensif, mulai dari penyediaan bibit, penanaman sampai dengan pemeliharaan termasuk pengendalian hama dan penyakit, pemanenan serta pemuliaannya.

Melihat minat untuk menanam tanaman hutan mulai muncul akibat meningkatnya kesadaran tentang manfaat lingkungan dan ting­ginya harga kayu, maka diperlukan suatu panduan pengelolaan tanam­an hutan khusunya jenis sungkai. Panduan ini sengaja disusun dengan bahasa yang sederhana agar mampu menjawab kebutuhan para petani tanaman hutan di lapangan. Melalui buku ini, diharapkan riap tanaman akan meningkat dan mampu menghasilkan kayu berkualitas.

Teknik yang dikemukakan dalam buku ini merupakan hasil kumpulan berbagai informasi dari studi pustaka, hasil penelitian, komunikasi pribadi dengan pakar, peneliti, praktisi pengelola hutan tanaman sungkai, petani dan penyuluh kehutanan. Panduan ini ditujukan bagi petani pengelola hutan sungkai dan diharapkan juga bermanfaat bagi penyuluh, widyaiswara, peneliti, pemerhati, pembuat kebijakan, pengusaha, pihak-pihak yang peduli untuk pengembangan hutan sungkai, pengambil kebijakan dan semua pihak yang memerlukan. Semoga buku panduan ini dapat berguna dalam meningkatkan pengetahuan teknik silvikultur pengelola hutan sungkai di manapun berada.


Baca Unduh


Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar