Utama

Potensial dikembangkan, BP2LHK Palembang Terbitkan Informasi Teknis Kayu Putih

Senin, 28 Jan 2019 | 16 Dibaca

Potensial dikembangkan, BP2LHK Palembang Terbitkan Informasi Teknis Kayu Putih

BP2LHK Palembang (Palembang,28/01/2019)_ Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang menambah jumlah koleksi publikasi ilmiah dengan menerbitkan leaflet Peluang Pengembangan Kayu Putih (Melaleuca cajuputi sub cajuputi).  

Berbagai informasi menyebutkan bahwa produktivitas kayu putih di Indonesia masih sangat rendah sehingga menyebabkan tingginya impor minyak ekaliptus sebagai campuran minyak kayu putih untuk mencukupi produksi minyak kayu putih dalam negeri. Kebutuhan minyak kayu putih secara nasional diperkirakan 1.500 ton/tahun, sedangkan kemampuan produksi tanah air diperkirakan hanya 450 ton/tahun. Jika dihitung maka potensi pengembangan usaha minyak kayu putih dalam memenuhi kebutuhan tersebut adalah 1.050 ton/tahun.

Tanaman kayu putih dapat tumbuh baik pada tanah kering pada kisaran PH 4,5-7 dan ketinggian tempat 0-500 m dpl. Tanaman ini memiliki karakter tahan terhadap kebakaran dan dapat tumbuh di lahan kritis. Sifat dan toleransi yang tinggi menjadikan kayu putih sangat potensial dan terbuka lebar untuk dikembangkan di wilayah sumatera bagian selatan. 

Leaflet ini berisi informasi teknis peluang pengembangan tanaman kayu putih menggunakan bibit yang telah dilakukan oleh tim peneliti BP2LHK di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Kemampo, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, mulai dari penyiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, pemanenan, penyulingan sampai dengan analisis kelayakan ekonomi pengusahaan minyak kayu putih. Untuk dapat membaca lebih lengkap, silahkan akses tautan link berikut ini http://www.bpk-palembang.org/publikasi/leaflet/peluang-pengembangan-kayu-putih-melaleuca-cajuputi-sub-cajuputi.html (nsoe**)

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar