Utama

MENUJU PUI LANDSKAP HUTAN DATARAN RENDAH, BP2LHK PALEMBANG MENANDATANGANI DOKUMEN MASTERPLAN

Senin, 17 Des 2018 | 68 Dibaca

MENUJU PUI LANDSKAP HUTAN DATARAN RENDAH, BP2LHK PALEMBANG MENANDATANGANI DOKUMEN MASTERPLAN

Palembang (BP2LHK Palembang, 17/12)_Setelah melalui proses yang cukup panjang, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang berhasil menjadi salah satu lembaga yang dibina sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Restorasi Landskap Hutan Dataran Rendah. Apresiasi ini diberikan oleh Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristekdikti) yang disampaikan oleh Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristek dikti, Ir. Kemal Prihatman, M.Eng. pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2018 di Gedung Nusantara Convention Hall III, Indonesia Covention Exhibition, BSD City, Tanggerang Selatan, Kamis lalu (13/12/2018). Apresiasi ini merupakan bentuk penghargaan Kemenritek dikti kepada lembaga litbang baik lingkup litbang kementerian, litbang non kementerian, litbang daerah, dan litbang industri yang telah berkinerja unggul, inovatif dan berdaya saing.

Acara tersebut mengusung 5 (lima agenda) utama yaitu, Deklarasi Pusat Ungguan Iptek Tahun 2018, Penandatanganan Dokumen Masterplan Pembinaan Pusat Unggulaaan Iptek Tahun 2019-2021, Penyerahan Sertifikat Akreditasi Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPP) Tahun 2018 dan Apresiasi Lembaga Litbang Industri Inovatif (IIRDI) Award Tahun 2018.

Dalam kesempatan tersebut, BP2LHK Palembang menjadi salah satu lembaga yang lulus seleksi PUI tahun 2018 dan berkesempatan untuk menjadi lembaga yang dibina oleh Kemenristek dikti pada tahun 2019-2021. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan dokumen Masterplan Pembinaan PUI oleh Kepala BP2LHK Palembang Ir. Tabroni, MM yang disaksikan oleh Direktur Jendral Kelembagaan Iptek dan Dikti.

Tabroni menyampaikan terima kasih kepada tim persiapan PUI yang telah bekerja keras dalam menyiapkan semua dokumen dan kelengkapannya sehingga BP2LHK Palembang dapat lulus seleksi  seleksi PUI tahun 2018. Nantinya, BP2LHK Palembang akan dibina oleh Ristek dikti menjadi PUI dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun.

Seperti diketahui, Untuk ditetapkan sebagai PUI, lembaga riset dinilai dengan empat kriteria yaitu: kemampuan menyerap informasi dan teknologi dari luar (sourcing/ absorptive capacity), kemampuan mengembangkan kegiatan riset berbasis demand driven dan bertaraf internasional (research and development capacity), kemampuan mendiseminasikan hasil-hasil riset berkualitas bertaraf internasional (disseminating capacity), dan kemampuan mengembangkan dan melestarikan potensi sumberdaya lokal secara berkelanjutan (local resources development and sustaining capacity).

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar