Utama

Lebah Madu Merubah Perilaku Petani Lahan Gambut

Jumat, 4 Okt 2019 | 14 Dibaca

Lebah Madu Merubah Perilaku Petani Lahan Gambut

Palembang (BP2LHK Palembang,4/10/2019)_Pelatihan budidaya lebah madu merubah perilaku (behavior) petani yang tinggal disekitar lahan gambut. Demikian disampaikan oleh Dr. Mamat Rahmat, peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang di kerjanya pada Kamis (3/10/2019).

“Berdasarkan hasil kajian tentang dampak pelaksanaan pelatihan ekonomi produktif terhadap pengetahuan, perilaku dan pendapatan petani yang tinggal di sekitar lahan gambut, kami menemukan bahwa pelatihan budidaya lebah madu telah membangkitkan gairah masyarakat untuk memelihara tanaman penghasil nektar dan getah. Bahkan peserta pelatihan mulai melakukan penanaman beberapa jenis tanaman bunga yang dapat menjadi sumber pakan lebah” jelas Dr. Mamat Rahmat

Lebih lanjut peneliti bidang Ekonomi Kehutanan ini menyampaikan bahwa dengan mengaplikasikan konsep Four-Evaluation (Kirkpatrick) yang telah dimodifikasi, tim peneliti yang terdiri dari dirinya sendiri, Dr. Dede Rohadi, Dr. Tuti Herawati dan Bondan Winarno, S.Hut., MT., MMG menemukan fakta bahwa kegiatan pelatihan yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan (knowledge) peserta tentang materi yang disampaikan baik itu mengenai pengolahan sumber daya lokal (ikan dan jagung), pembibitan dan persiapan lahan tanpa bakar dan budidaya lebah penghasil madu. Ketiga jenis pelatihan tersebut merupakan bagian dari kegiatan pengembangan mata pencaharian masayarakat yang bebas polusi asap, berbasis pada sumber daya lokal dan minat masyarakat setempat.

“Namun demikian, kegiatan pelatihan belum mampu memberikan peningkatan pendapatan rumah tangga (income) masyarakat sekitar lahan gambut” pungkas Dr. Mamat Rahmat.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan alternatif juga harus disediakan yaitu menyediakan mata pencarian yang menghasilkan yang idealnya dilakukan bersamaan dengan kegiatan penanaman dan konservasi lahan gambut. Oleh karena itu, kegiatan budidaya lebah madu dapat di upgrade menjadi peternakan lebah untuk mencapai tujuan ini (nsoe**)

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar