Utama

Balai Litbang LHK Palembang Bakal Gelar Seminar Nasional Bertema Restorasi Gambut

Senin, 30 Apr 2018 | 181 Dibaca

Balai Litbang LHK Palembang Bakal Gelar Seminar Nasional  Bertema Restorasi Gambut

BP2LHK Palembang (Palembang, 30/04/2012). Salah satu diseminasi hasil litbang yang cukup efektif untuk menyadartahukan masyarakat tentang peran litbang LHK dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia adalah dengan menyelenggaraan seminar. Seminar juga bermanfaat untuk membangun jejaring kerja dan membangun pradigma berpikir. Di tahun 2018 ini, Balai Litbang LHK Palembang bakal menggelar seminar nasional dengan mengangkat tema “Merawat Asa Restorasi Gambut, Pencegahan Karhutla dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat”. Seminar ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2015 di Hotel Santika Premiere Palembang.

Dalam hal restorasi gambut, Balai Litbang LHK Palembang sudah cukup lama melakukan penelitiannya. “Balai Litbang LHK Palembang cukup dikenal sebagai salah satu pioneer dalam pengelolaan lahan basah, terbukti demplot penelitian kita di OKI menjadi tempat belajarnya perwakilan delegasi the First Asia Bonn Challenge”, ungkap Tabroni, Kepala Balai Litbang LHK Palembang. Dengan pengakuan ini, Balai Litbang LHK Palembang hendak  menjembatani dan memfasilitasi para pihak yang terdiri dari peneliti, akademisi, praktisi, birokrat, penyuluh, serta petani untuk saling tukar menukar praktik terbaik, pengalaman, dan gagasan mengenai pencegahan karhutla dan restorasi gambut.

Seminar ini dibagi ke dalam dua agenda, talkshow dan sesi paralel. Balai Litbang LHK Palembang mengundang para pakar, praktisi, akademisi dan pemerhati restorasi gambut yang berasal dari lembaga penelitian, perguruan tinggi, instansi pemerrintah terkait, sektor swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat untuk menyerahkan tulisannya ke panitia Semnas paling lambat 4 Juli 2018.

“Seminar ini kita buat berbobot dan semenarik mungkin. Pembicara-pembicara yang hadir adalah orang-orang yang memiliki kompetensi dan pengalaman di bidang restorasi gambut“, terang Kepala Balai Litbang LHK Palembang, Tabroni. Dijelaskan lebih lanjut, seminar nasional ini dibagi kedalam dua agenda. Agenda pertama diisi dengan talkshow. Talkshow sesi pertama diisi dengan empat pembicara yang akan berbincang tentang kebijakan restorasi gambut nasional dan lokal. Adalah Badan Restorasi Gambut sendiri yang akan berbicara tentang kebijakan nasional restorasi gambut dan bagaimana capaian dan arah restorasi gambut Indonesia serta praktik-praktik restorasi gambut yang ada saat ini. Di tingkat lokal, kebijakan pemerintah daerah akan dikupas tuntas oleh Tim Restorasi Gambut Daerah Sumatera Selatan. Hadir juga sebagai pembicara Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan yang akan berbicara tentang ruang partisipasi masyarakat dalam pencegahan karhutla, serta tak lupa pula pakar dari Institut Pertanian Bogor yang akan menjelaskan mengenai tipologi karhutla dan upaya pencegahannya. Masih dijelaskan Tabroni, sesi kedua masih akan menyedot perhatian peserta, karena di sesi kedua ini, best pratices pengelolaan gambut akan diulas bersama para praktisi. Peneliti Balai Litbang LHK Palembang, juga akan ikut andil dalam talkshow ini, dimana akan diuraikan penelitian restorasi gambut yang dilakukan selama ini. Pelaku industri HTI dan perkebunan kelapa sawit serta tokoh masyarakat ikut juga hadir sebagai pembicara di talkshow kedua.

 

Di sesi pararel, komisi seminar dibagi menjadi empat yaitu, pencegahan karhutla, restorasi gambut, sosial, ekonomi dan pemberdayaan masyarakat terkait karhutla dan restorasi gambut serta bidang lain yang relevan. Akan ada juga field trip bagi para peserta yang ingin menikmati suasana di perairan Sungai Musi dan melihat-melihat Venue Asian Games di Kompleks Olahraga Jakabaring. Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan dan formulir pendaftaran dapat dilihat lebih lanjut di http://www.bpk-palembang.org/publikasi/leaflet/leftlet-seminar-nasional.html (Fitri).

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar