Utama

Aplaus BRG untuk riset aksi restorasi lahan gambut BP2LHK Palembang

Rabu, 4 Apr 2018 | 56 Dibaca

Aplaus BRG untuk riset aksi restorasi lahan gambut BP2LHK Palembang

BP2LHK Palembang (Palembang, 03/04/2018). Dua riset aksi BP2LHK Palembang yang didanai oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk mendukung pelaksanaan restorasi lahan gambut di tahun 2017, mendapat aplaus dari anggota kelompok ahli BRG dan peserta rapat evaluasi pelaksanaan penelitian riset aksi bidang restorasi gambut (Selasa, 3/04/2018) yang bertempat di ruang rapat Tembesu Balai Litbang LHK Palembang. Apresiasi tersebut diberikan lantaran BP2LHK Palembang berhasil mengintegrasikan konsep 3 R (Rewetting, Revegetasi, Revitalisasi) yang diusung BRG ke dalam satu demo plot. Terlebih lagi penelitian ini memiliki historical data yang sangat baik, sehingga perencanaan riset aksi ini dapat dieksekusi dengan brilian.

Dua riset yang dilakukan Balai Litbang LHK Palembang yaitu penelitian mengenai kajian model paludikultur berbasis silvopasture sebagai alternatif restorasi gambut di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan dan pembangunan pilot project restorasi gambut terintegrasi berbasis agrosilvofishery di Kabupaten OKI, Sumatera Selatan. Di penelitian silvopasture, peneliti Balai Litbang LHK Palembang melakukan riset paludikultur model silvopasture kerbau rawa yang dilakukan di daerah Sungai Damping, OKI. Di OKI, kerbau rawa merupakan identitas budaya tradisional. Bahkan, OKI dengan Keputusan Menteri Pertanian tahun 2016, ditetapkan sebagai lokasi pengembangan kawasan pertanian nasional untuk komoditas padi dan kerbau. Selain itu, lokasi ini dipilih karena pakan kerbau rawa tersedia melimpah disini. Penduduk OKI beternak kerbau rawa dengan bermodal utama kepercayaan atau kejujuran, yang menjadi citra masyarakat OKI.

Kegiatan kedua adalah pembangunan pilot project coba restorasi gambut terintegrasi. Di kegiatan ini, peneliti Balai Litbang LHK Palembang mengintegrasikan konsep 3 R dengan kegiatan agrosilvofisheri (wana-mina-tani). Plot yang ditujukan sebagai show window IPTEK pengelolaan lahan gambut ini berada di Kayuagung-Sepucuk seluas 8 ha.

Rapat koordinasi pelaksanaan penelitian riset aksi bidang restorasi gambut ini dihadiri oleh anggota kelompok ahli BRG, yaitu Prof. Salampak Dohong, MS, Dr. Asmadi Saad, M.Si dan Ir. Hanni Adiati, M. Si. Selain itu, hadir pula mitra BRG yang juga melaksanakan program riset restorasi gambut tahun 2017, antara lain dari Universitas Sriwijaya dan Universitas Jambi. Dalam rapat ini, selain mengevaluasi pelaksanaan penelitian riset aksi restorasi gambut, juga dibahas mengenai keberlanjutan setiap riset. (Fitri).

 

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar