Reportase

Sampaikan IPTEK budidaya dan pengolahan Jernang, BP2LHK Palembang berikan pelatihan di Jambi

Jumat, 16 Nov 2018 | 35 Dibaca

 Sampaikan IPTEK budidaya dan pengolahan Jernang, BP2LHK Palembang berikan pelatihan di Jambi

BP2LHK Palembang (Palembang, 16/8)_ Rotan jernang merupakan salah satu komoditi HHBK yang memiliki manfaat sosial, ekonomi, dan lingkungan yang tinggi sehingga berpotensi untuk dikembangkan di Provinsi Jambi. Demikian disampaikan oleh Kepala Seksi Perlindungan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) dan Pemberdayaan Masyarakat Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Merangin Unit IV, V dan VI, Rusnal, SP. saat membuka acara Pelatihan Budidaya dan Pengolahan Jernang di Desa Pulau Raman, Kec. Muara Siau Merangin, Jambi pada Jumat (9/11).

Menurutnya, masyarakat sangat membutuhkan IPTEK untuk mengembangkan rotan jernang. “Selama ini rotan jernang dari desa Pulau Raman belum banyak dikembangkan, oleh karena itu menjadi penting untuk memberikan pelatihan budidaya dan pengelolaan jernang kepada masyarakat” jelasnya.

Ruslan menambahkan bahwa saat ini pemerintah memberikan peluang kepada masyarakat untuk mengelola hasil hutan asalkan sesuai aturan. Kesempatan ini tentunya perlu disambut dengan kesiapan oleh masyarakat terutama kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam kesempatan ini, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang mengirimkan 2 (dua) orang peneliti bidang silvikultur sebagai narasumber yaitu Sahwalita, S.Hut., M.P. dan Nanang Herdiana, S.Hut., M.Sc. Kegiatan pelatihan difokuskan pada peningkatan produktivitas tanaman rotan jernang dan pengolahan pasca penennya.

Acara yang digelar selama 3 (tiga) hari tersebut diikuti sebanyak 25 peserta dan diisi juga diisi dengan kunjungan lapang pada hari ke tiga ke kebun rotan jernang yang dimiliki dan dikelola salah satu peserta pelatihan. Kebun jernang yang dikunjungi merupakan kebun campuran berumur sekitar 10 tahun. Kegiatan kunjungan lapang diisi dengan praktek pemanenan buah dan penanganan pasca panen, teknik pengambilan anakan dan penanaman bibit rotan jernang.

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar