Reportase

Pintar Cari Peluang Muatan Lokal, Buktikan Kinerja Litbang LHK

Jumat, 14 Jul 2017 | 39 Dibaca

Pintar Cari Peluang Muatan Lokal, Buktikan Kinerja Litbang LHK

Palembang (BP2LHK Palembang, 14/07/2017). “Yang Litbang LHK butuhkan sekarang adalah ide-ide penelitian yang outstanding, yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, seperti hasil penelitian BP2LHK Palembang di Bonn Challenge yang diapresiasi dunia, nah seperti itu yang kita perlukan sekarang”, ujar Kepala Puslitbang Hasil Hutan Dr. Ir. Dwi Sudharto, M.Si,  yang akrab disapa Pak Dwi, ketika membuka rapat  pembinaan Aparatur Sipil Negara yang diselenggarakan di ruang rapat Tembesu BP2LHK Palembang (Kamis, 13/07/2017).

Kepala Puslitbang Hasil Hutan hadir di Palembang untuk pengkoordinasian UPT Binaan sekaligus memberikan pembinaan kepegawaian kepada seluruh pegawai BP2LHK Palembang  Dalam kesempatan ini, beliau mengatakan bahwa eksistensi Litbang LHK tergantung dari hasil-hasil penelitian para peneliti Litbang LHK. Oleh karenanya, peneliti harus pintar-pintar mencari ide-ide penelitian dan menangkap peluang guna menjawab tantangan permasalahan kehutanan di Indonesia. “ Segala sesuatu bermula dari ide yang kecil, dengan berinovasi ide itu akan berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar. Banyak muatan lokal yang belum terpikirkan untuk kita garap, ayo kita garap. Kita bekerja sama untuk memberikan manfaat bagi institusi dan masyarakat, ini yang akan menjadi bukti kinerja Litbang LHK sekaligus menjawab tantangan pihak-pihak yang meragukan kinerja Litbang LHK”, ucapnya menyemangati para peserta yang hadir dalam rapat tersebut.

Dengan menurunnya DIPA anggaran penelitian, beliau berharap tidak menurunkan semangat peneliti untuk berkarya. Beliau mengatakan bahwa Litbang LHK harus lebih proaktif dalam mencari celah untuk untuk tetap bisa melaksanakannya penelitiannya, salah satunya dengan menjalin berbagai kerjasama dengan pihak yang luar.  Kerja sama itu dapat dimanfaatkan sebagai salah satu  pihak yang dapat membantu dalam penyediaan dana penelitian, tetapi juga bisa menjadi corong hasil penelitian Litbang LHK di tengah masyarakat.

Pembinaan kepegawaian ini membahas tiga tema pokok, yaitu peran staf dalam memajukan institusi, peran peneliti dalam perumusan kebijakan dan kode etik peneliti. Dalam pokok bahasan pertama, Pak Dwi menyampaikan bahwa tidak ada dikotomi antara pegawai, baik itu dari pimpinan tertinggi, struktural, fungsional umum, peneliti maupun teknisi litkayasa, karena masing-masing pegawai memiliki peran sesuai tugas dan fungsinya. Semua pegawai harus memegang komitmen untuk bekerja sama dan memberikan yang terbaik. Hal ini sesuai dengan gerakan Revolusi Mental yang dicanangkan pemerintah. “Agar revolusi mental itu berhasil, kita harus mengubah cara pandang, pikir dan sikap, perilaku dan cara kerja kita”. Tiga nilai gerakan revolusi mental KLHK antara lain Integritas yang dijabarkan sebagai rasa tanggung jawab, jujur dan ikhlas, Etos kerja yang berupa disiplin dan professional serta Gotong royong  atau kerjasama.

Di pokok bahasan kedua, beliau menyampaikan bahwa Peneliti dituntut untuk bisa ikut dalam pembuatan kebijakan. Peneliti harus mencari topik penelitian yang bisa menggugurkan satu kebijakan sebelumnya. Sedangkan di pokok bahasan yang ketiga tentang Kode etik, beliau menyampaikan hal-hal penting yang harus dihindari dalam penulisan KTI. Beliau juga dengan keras memperingatkan peneliti untuk tidak tersangkut dalam masalah plagiarisme.

“Buat diri kita bermanfaat dengan memberikan yang terbaik bagi insitusi dan masyarakat. Kita semua dapat berperan memajukan institusi kita dengan tetap berpegang teguh pada kode etik dan ketentuan yang berlaku. Yang kita perlu adalah penguatan komitmen, komunikasi, sinergi dan kerjasama” tutur Pak Dwi menutup acara pembinaan ini. Pembinaan yang bertema “Aparatur Negara yang Kredibel dan Bermanfaat” disampaikan Pak Dwi dengan santai dan dibumbui dengan cerita-cerita khas Palembang sehingga membuat peserta rapat  tertawa terbahak-bahak. (***FA)

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar