Reportase

Persiapkan Diri, BP2LHK Palembang Gelar Bimtek Penyusunan Dokumen Akreditasi KNAPPP

Rabu, 27 Feb 2019 | 74 Dibaca

Persiapkan Diri, BP2LHK Palembang Gelar Bimtek Penyusunan Dokumen Akreditasi KNAPPP

BP2LHK Palembang (Palembang, 27/02/2019)_Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi lembaga pranata penelitian dan pengembangan (litbang) terakreditasi, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang bekerjasama dengan Sekretariat Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) mengadakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) penyusunan dokumen akreditasi lembaga pranata penelitian dan pengembangan pada Senin (25/2), di ruang rapat tembesu BP2LHK Palembang.

Ir. Tabroni, MM., selaku Kepala BP2LHK Palembang dalam pembukaannya menyampaikan pentingnya acara tersebut.

“Untuk mempersiapkan diri menjadi lembaga pranata litbang yang terakreditasi, maka hal pertama yang harus kita pahami adalah bagaimana prosedur penyusunan dokumen yang dibutuhkan untuk proses akreditasi KNAPPP” kata Tabroni.

Menurutnya, dengan adanya akreditasi KNAPPP nantinya BP2LHK Palembang diharapkan dapat menghasilkan produktivitas hasil litbang dan kinerja yang tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Assesor KNAPPP, Ir. Budi Priyono dalam paparannya menyampaikan bahwa untuk memperoleh akreditasi KNAPPP, beberapa tahapan harus dilaksanakan dan dokumen harus disiapkan, antara lain dokumen panduan umum, dokumen prosedur pelaksanaan, dokumen instruksi kerja, serta formulir dan dokumen pendukung.

“Dalam menyusun dokumen panduan umum, pertanyaan yang harus di jawab adalah mengapa. Isinya menjelaskan tentang kebijakan, tujuan dan sistem manajemen mutu dari pranata litbang. Untuk penyusunan prosedur pelaksanaan, pertanyaan yang harus dijawab adalah siapa, apa, kapan dan dimana yang isinya menjelaskan uraian pelaksanaan rangkaian kegiatan. Kemudian untuk penyusunan dokumen instruksi kerja pertanyaan yang harus dijawab adalah bagaimana yang isinya menjelaskan tentang tahapan kegiatan operasional secara rinci. Untuk formulir dan dokumen pendukung digunakan sebagai pembuktian bahwa kegiatan operasional telah dilakukan” jelas Ir. Budi Priyono.

Budi berharap pengumpulan dan penyusunan ddokumen bisa secepatnya dilakukan dan dapat segera diimplementasikan dalam jangka waktu 3 bulan sehingga audit internal dapat dilakukan pada bulan Juli 2019.

“Penyusunan dokumen sudah bisa dilakukan mulai bulan depan dan diimplementasikan selama minimal 3 bulan, sehingga di bulan Juli balai ini sudah bisa melakukan audit internal. Baru setelah audit internal, tahap selanjutnya adalah pendaftaran akreditasi ke Sekretariat KNAPPP untuk dilakukan audit kecukupan dan audit lapangan (assessment) dan akredititasi KNAPPP.

Bimtek yang dilakukan selama 2 (dua) hari ini diikuti oleh pejabat struktural, beberapa staf dan fungsional peneliti yang ingin belajar memahami tahapan akreditasi. Beberapa materi yang disampaikan antara lain Pengenalan Akreditasi Pranata Litbang, Pedoman KNAPPP 02:2017, Pedoman KNAPPP 03:2017, Dasar-Dasar Pembuatan Dokumen, dan Prosedur Audit Internal. Pada akhir acara, Ir. Budi Priyono didampingi Kepala BP2LHK secara simbolik memberikan sertifikat keikutsertaan bimtek kepada peserta bimtek (nsoe**)

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar