Reportase

BP2LHK Palembang Fasilitasi Ujian Dinas Tk. I dan Tes 4 Kriteria

Selasa, 14 Ags 2018 | 57 Dibaca

BP2LHK Palembang Fasilitasi Ujian Dinas Tk. I dan Tes 4 Kriteria

BP2LHK Palembang (Palembang, 14/10/2018). Sebanyak 10 orang pegawai UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lingkup Provinsi Sumatera Selatan mengikuti Ujian Dinas Tingkat I dan 11 orang pegawai Balai Litbang LHK Palembang mengikuti tes 4 Kriteria (Selasa, 14/10/2018). Ujian Dinas Tingkat I ini merupakan prasyarat bagi PNS fungsional umum yang akan naik pangkat pindah golongan dari pengatur Tk. I Golongan Ruang II/d menjadi Penata Muda Golongan Ruang III/a, sedangkan tes 4 Kriteria dikhususkan bagi pegawai yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kedua tes ini diselenggarakan di Ruang Rapat Tembesu, Balai Litbang LHK Palembang.

Dalam sambutan Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Abdul Hakim, M.For.St yang dibacakan oleh Kepala Balai Litbang LHK Palembang, Ir. Tabroni., M.M mengatakan bahwa kenaikan pangkat bukanlah hak, namun penghargaan yang diberikan oleh pejabat berwenang karena prestasi kerja yang diperolehnya sesuai dengan pensyaratan dan peraturan yang berlaku. Untuk itu, kenaikan pangkat seyogyanya diberikan secara adil dengan mekanisme yang berdasarkan asas kompetensi. “Ujian Dinas ini telah ditetapkan mekanismenya sesuai dengan peraturan yang berlaku, sedangkan materinya sudah dirangkum oleh Tim dari Sub Bagian Pengembangan Pegawai Biro Kepegawaian dan Organisasi”, terangnya.

Ada 10 materi yang wajib dikuasai oleh peserta ujian dinas, yaitu Pancasila, UUD Negara Indonesia 1945, Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, peraturan perundang-undangan kepegawaian (UU Aparatur Sipil Negara), KORPRI, pengetahuan perkantoran, fungsi dan struktur organisasi, pengetahuan substantif lingkungan hidup dan kehutanan, bahasa Indonesia, sejarah Indonesia, sedangkan untuk tes 4 Kriteria, peserta diharuskan mengikuti 2 tahap, yaitu Psikotes dan Wawancara. Hasil Tes 4 Kriteria berupa rekomendasi kepada peserta dengan kategori “Disarankan, Dipertimbangkan dan Tidak Disarankan”. (Fitri).

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar