Reportase

Berkunjung Ke Palembang, Pusdatin Berikan Bimbingan Pengelolaan Sistem Informasi Elektronik

Jumat, 2 Nov 2018 | 31 Dibaca

Berkunjung Ke Palembang, Pusdatin Berikan Bimbingan Pengelolaan Sistem Informasi Elektronik

Palembang (BP2LHK Palembang, 02/11/2018)_Pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik, baik di instansi pusat maupun instansi daerah ditujukan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satunya adalah dengan keberadaan website instansi sebagai sarana pengelolaan data dan informasi dalam bentuk digital. Demikian disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Pengamanan Sistem Informasi, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ir. Joni Aliando, MM. dalam acara pembinaan dan penilaian sistem informasi elektronik unit pelaksana teknis KLHK lingkup Provinsi Sumatera Selatan pada Kamis (01/11/2018) di Ruang rapat tembesu Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang.

“Website yang dikelola oleh masing-masing instansi sangat penting sebagai corong untuk menyampaikan informasi kepada publik yang berkaitan dengan tugas dan fungsi instansi” kata Ir. Joni Aliando, MM.

Lebih lanjut, Kepala Sub Bidang Pengamanan Sistem Informasi ini mengatakan bahwa dalam hal pengelolaan sistem informasi elektronik, KLHK melalui Pusdatin menyediakan fasilitas pusat data (data center) untuk pengelolaan website dan aplikasi layanan publik berbasis web lainnya dengan menyediakan layanan hosting di data center Kementerian kepada setiap unit kerja lingkup Kementerian.

Layanan Hosting  sendiri merupakan layanan penempatan server di data center Kementerian yang ditujukan untuk mendukung tugas dan fungsi unit kerja di kementerian. Fasilitas yang disediakan oleh Pusdatin berupa catu daya utama dan catu daya cadangan, infrastruktur teknologi informasi (server, sistem operasi, storage dan backup data, perangkat jaringan) dan sistem keamanan data center.

Pembinaan yang dilaksanakan selama sehari ini dihadiri oleh perwakilan setiap satker UPT Lingkungan Hidup dan Kehutanan lingkup Sumatera Bagian Selatan, khususnya yang terlibat langsung dalam pengelolaan sistem informasi elektronik. (Soe**)

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar