Regional

Minim SDM Pengelola SDA

Senin, 1 Apr 2019 | 42 Dibaca

Minim SDM Pengelola SDA

Muratara_ memiliki potensi sumber daya alam (SDA) melimpah menjadi ciri khas bagi Muratara. Namun keberadaan potensi SDA itu dirasa tidak imbang. Muratara sangat minim sumber daya manusia (SDM) berkualitas untuk mengelola SDA. Anggota DPRD Muratara I Wayan Kocap menuturkan saat ini ketersediaan SDM lokal untuk memanfaatkan potensi SDA sangat terbatas. Pemerintah masih mengandalkan investor dari luar untuk memanfaatkan potensi ini.

Menurutnya wilayah Muratara memiliki beragam potensi alam mulai dari batu bara, gas dan minyak bumi, emas, perak, dan produksi tambang lainnya. Akan tetapi, kekayaan ini tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan rakyatnya. Untuk dapat mengelola SDA dengan tangan sendiri maka  harus ada perbaikan SDM lokal seperti memberikan beasiswa terhadap warga yang ingin sekolah di sektor pertambangan.

Kepala Desa Suka Menang, Jamel mengatakan di wilayah mereka sejak satu tahun terakhir perusahaan investor tambang sudah tidak beroperasi lagi. Bahkan mereka meninggalkan lubang –lubang dalam dipenuhi racun merkuri. Kondisi ini dianggap masyarakat setempat sangat membahayakan keselamatan mereka.

Beberapa kali Kepala Desa Suka Menang mengirimkan surat ke perusahaan mengenai aktivitas mereka tapi sampai saat ini tidak ada jawaban. Dikatakan lagi pihaknya akan berusaha melaporkan kondisi ini ke provinsi dan pusat untuk segera ditindak lanjuti, sehingga ada upaya untuk merevitalisasi pasca tambang, dan tambang yang terbuka bisa dihijaukan kembali agar tidak membahayakan masyarakat.

Sumber: Sumatera Ekspres, Senin 1/4/2019, hal 21

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar