Regional

Enam Heli Operasi Lagi. Halimun Naikkan ISPU Titik hotspot yang masih tinggi dan sulitnya pemadaman

Kamis, 4 Okt 2018 | 12 Dibaca

Enam Heli Operasi Lagi. Halimun Naikkan ISPU Titik hotspot yang masih tinggi dan sulitnya pemadaman

Titik hotspot yang masih tinggi dan sulitnya pemadaman karhutla, menyebabkan BNPB mengoperasionalkan kembali helikopter water boombing. Sejak 28 September lalu, pantauan dan pemadaman udara jadi sulit dilakukan sehingga hotspot hanya bisa dipantau melalui citra satelit dan pengecekan langsung oleh tim darat.

Titik api justru semakin meningkat, hasil pantauan citra satelit menunjukkan sampai dengan Selasa (2/10) terdapat sejumlah 69 titik, dan terbanyak terdapat di Kabupaten OKI sejumlah 41 titik. Sementara Rabu (3/10) jumlah hotspot meningkat lagi menjadi 77 titik dan titik tertinggi masih berada di Kabupaten OKI sebanyak 31 titik.

Terkait asap tebal yang selimuti Palembang, Selasa malam (2/10) hingga Rabu pagi (3/10) merupakan halimun atau kabut radiasi. Asap yang timbul merupakan campuran debu, asap kendaraan bermotor, serta kebakaran.

Kepala BMKG Kenten Palembang mengatakan bahwa halimun yang terjadi bukan disebabkan oleh karhutla karena sifatnya yang tidak tetap dan berlangsung sebentar. Meski demikian, halimun ini menyebabkan angka ISPU sempat berada di atas normal. Dimana angkanya mendekati 150, sementara normalnya 50.

Sumber: Sumatera Express (4/10/2018) hal 2.

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar