Regional

Asian Games di Palembang Selesai, Satgas Karhutbunlah tak Lantas Bubar

Kamis, 15 Nov 2018 | 24 Dibaca

Asian Games di Palembang Selesai, Satgas Karhutbunlah tak Lantas Bubar

TRIBUN SUMSEL --Di balik megahnya penyelenggaraan Asian Games dan menterengnya prestasi atlit nasional ada Satgas Karhutbunlah. Tanpa medali dan bonus prestasi mereka  bekerja ekstra keras menjaga nama baik bangsa agar asap tidak terhirup oleh para tamu negara.Sejak ditetapkan status siaga merah/emergency terkait dengan pelaksanaan Asian Games 2018 terhitung mulai tanggal 20 Juli sampai dengan  9 September 2018 atau sepanjang 52 hari, pencegahan kebakaran hutan di Sumatera Selatan dianggap berhasil di banding wilayah lain yang langganan Karhutbunlah.

Tercatat terjadi 63 kali terjadi kebakaran hutan dan lahan dengan luasan terbakar sebanyak 1.476,5 Ha. Meski demikian, berkat kesigapan petugas dilapangan yang terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni, RPK Perusahaan dan manggala agni Fire Spot (FS) mampu dipadamkan dengan sistem keroyokan. Sebagai daerah yang rawan bencana Kabupaten OKI perlu memiliki blue print kongkret, baik untuk pencegahan maupun penanggulangan Karhutla serta kabut asap. Melalui blue print ini harapkan akan memudahkan setiap pemangku kebijakan untuk melakukan tindakan  dan berbuat apa. Keikutsertaan dan kesadaran masyarakat dalam mencegah Karhutbunlah menurut Kapolres amat penting untuk itu himbauan dan Razia humanis dilakukan pihak polres agar masyarakat berperan aktif.

Sementara itu bebarap fakta menarik terkuak dari anilisis dan evaluasi yang dipaparkan Kabag Operasi Polres OKI, Kompol Yudha Widyatama Nugraha diantaranya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten OKI pada bulan Juli dan Agustus 2018 rata-rata terjadi pada akhir pekan dan rata-rata terjadi dikisaran pukul 12 siang hingga 16 sore. Perilaku kebakaran lahan ini dapat menjadi masukan semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dini dan membuat strategi penanganan karhutbunlah kedepan.

Sumber: Tribunsumsel, 11/9/2018

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar