Regional

67 Persahaan di Sum-Sel Komitmen cegah Karhutla

Jumat, 22 Feb 2019 | 17 Dibaca

67 Persahaan di Sum-Sel Komitmen cegah Karhutla

Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (Gapki) Sumsel komitmen cegah Karhutla, hal ini diungkap ketua Harry Hartanto dalam seminar kesiapan Gapki menghadapi Karhutla tahun 2019.  

 Menurutnya semua perusahaan sudah melengkapi sarana&prasarana  pemadam kebakaran dan sudah mengadakan pelatihan-pelatihan dan membentuk regu-regu pemadam Karhutla.

  Pihaknya memastikan bahwa semua anggota Gapki tunduk pada Peraturan Pemerintah dan mendukung Zero asap. Pada tahun 2018, di OKI hanya satu perusahaan yang lahannya terbakar itupun berupa lahan kosong.

Sesama anggota Gapki diwajibkan saling mengingatkan untuk menjaga area perkebunan masing-masing dan mensosialisasikan ke masyarakat disekitar perkebunan agar tidak membakar dan menjaga serta memadamkan api.

Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah mengatakan , berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG), musim kemarau tahun 2019 akan dimulai pada bulan Juni, saat ini Pemda sedang berkoordinasi dengan berbagai elemen, mulai dari TNI, Polri, Manggala Agni, hingga perusahaan agar bersiap diri menghadapi musim kemarau.Sumsel komitmen untuk menjaga lahannya agar tidak terbakar lagi sejak dini. Kasi Ops Korem 044/Gapo, Mayor Delvy Marico mengatakan semua pihak memiliki peranan penting untuk mencegah dan menangani karhutla. Berdasarkan catatan kami, di Sumsel pada tahun 2018 ada 41.150 Ha lahan yang terbakar, namun yang dominan terbakar di lahan gambut,” jelasnya.

(sumber: Sumeks Jumat 15 Februari 2019, hal 3)

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar