Berita ~ Berita Litbang

Peringati Hari Bakti, Momen Penting Bagi Rimbawan

Rabu, 20 Mar 2019 | 190

Peringati Hari Bakti, Momen Penting Bagi Rimbawan

BP2LHK Palembang (Palembang, 19/3/2019) – Hari Bhakti Rimbawan merupakan momen penting bagi rimbawan di seluruh Indonesia. Mengambil tema ‘Hutan Untuk  Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat, peringatan Hari Bhakti Rimbawan sejalan dengan semangat dan misi keberadaan serta jati diri rimbawan dalam memperjuankan pembangunan kehutanan dan lingkungan. Demikian kalimat pembuka pidato Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK),  Siti Nurbaya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kehutanan Sumatera Selatan, Ir. Pandji Tjahjanto  pada upacara peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-36 pada Senin (18/3/2019) di Lapangan Hijau  Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan

 

Dalam kesempatan ini, Siti Nurbaya juga menyampaikan apresiasi kepada sosok rimbawan.

Menurutnya, rimbawan adalah sosok yang kuat dalam identitas, skill, perspektif berfikir dan selalu mengedepankan solidaritas dan gotong royong. Selain itu, rimbawan juga sosok yang teguh dan tangguh, kuat dan disiplin dalam kerja serta selalu pantang surut dalam menghadapi tantangan.

Selain memaparkan dinamika pengelolaan hutan, capaian-capaian serta tantangan dalam pengelolaan kawasan hutan di Indonesia, Siti Nurbaya juga berpesan agar peringatan Hari Bhakti Rimbawan ini menjadi momentum bagi seluruh Rimbawan untuk dapat melakukan refleksi, menggali inspirasi, motivasi dan berbagai inovasi dalam kiprah kerja di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Upacara Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ini diikuti oleh seluruh pegawai lingkup Kementerian LHK Provinsi Sumatera Selatan yaitu Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Musi, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Sumatera, Balai Pemanfaatan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah V Palembang, Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah II, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera, Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Seksi Wilayah Sumatera, dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk diketahui, Peringatan Hari Bhakti Rimbawan lingkup Sumatera Selatan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 18 Maret 2019. Pada 15 Maret 2018 peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 diisi dengan kegiatan Senam Sehat Rimbawan yang diikuti oleh seluruh rimbawan. Acara yang diadakan di lapangan kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan ini dimeriahkan dengan pembagian doorprize kepada peserta senam. Kemudian pada tanggal 16 Maret 2019, agenda peringatan Hari Bhakti Rimbawan dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Kemampo. Kegiatan ini, selain diikuti oleh perwakilan rimbawan dari setiap UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lingkup Provinsi Sumatera Selatan, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh komunitas sepeda “gowes”. (nsoe**)

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar