Berita ~ Fokus Litbang

Silahturahmi Nasional Lembaga Litbang, BP2LHK Palembang Perkuat Sinergisitas

Rabu, 2 Okt 2019 | 470

Silahturahmi Nasional Lembaga Litbang, BP2LHK Palembang Perkuat Sinergisitas

Jakarta, BP2LHK Palembang (02/10/2019)_Kegiatan Pusat Unggulan IPTEK (PUI) diarahkan untuk penguatan lembaga litbang sebagai salah satu komponen penguatan sistem inovasi nasional. Hal ini dimaksudkan agar lembaga litbang mempunyai kinerja tinggi dengan menghasilkan inovasi teknologi sesuai kebutuhan dan kapasitas adopsi pengguna teknologi, baik itu masyarakat, industri maupun pemerintah. Dengan memperhatikan perkembangan litbang agar lebih terarah, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan forum bersama yang mempertemukan semua lembaga litbang dan lembaga terkait lainnya dengan Kemenristekdikti.

Riset yang dilakukan oleh lembaga litbang haruslah memberikan dampak terhadap masyarakat. Demikian disampaikan Menristekdikti, M. Nasir saat memberikan arahan pada acara Silaturahmi Nasional Lembaga Litbang Indonesia Tahun 2019 di Auditorium Lantai 2, Gedung D Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Jl. Jenderal Sudirman Pintu Satu Senayan, Jakarta pada Selasa (1/10/2019).

“Dalam rangka mendukung hasil riset yang berdaya guna, Kemenristekdikti telah memetakan seluruh riset yang ada di Indonesia baik itu riset dasar, riset terapan maupun riset pengembangan. Secara kumulatif Kemenristekdikti telah melakukan pembinaan terhadap 137 lembaga litbang yang berasal dari 52 Lembaga Pemerintah Kementerian, 50 Lembaga Pemerintah Non Kementerian, 28 Perguruan Tinggi dan 7 Badan Usaha” ungkap Menteri M. Nasir.

Menristekdikti menjelaskan, sampai dengan akhir tahun 2019 tercatat sebanyak 81 Pusat UngguIan Iptek (PUI) dengan berbagai bidang sudah mature. Lebih lanjut, lembaga PUI yang sudah mature haruslah memiliki sedikitnya dua indikator antara lain PUI tersebut harus bisa menghasilkan publikasi tingkat internasional dan menghasilkan inovasi berupa produk yang dapat memberikan makna yang lebih luas.

Sementara itu Plt. Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEK dan Dikti Patdjono Suwignjo mengatakan kegiatan Silaturahmi Nasional Lembaga Litbang Indonesia Tahun 2019 ini bertujuan untuk menjelaskan instrumen pembinaan kelembagaan PUI, khususnya mekanisme monitoring dan evaluasi kinerja PUI tahun 2019, penguatan jejaring kelembagaan lembaga litbang unggul PUI dalam upaya memperkuat produktivitas litbang, meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar instansi litbang dan pendukung litbang, meningkatkan semangat lembaga litbang untuk menjadi lembaga unggul, meningkatkan fokus arah lembaga litbang yang terkait dengan rencana dan tindak lanjut kedepan, serta meningkatkan pemahaman tentang eksistensi lembaga litbang dan keterkaitannya dengan program dan Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Kemenristekdikti.

“Kemenristekdikti selalu memperhatikan perkembangan lembaga litbang agar lebih terarah menuju lembaga litbang yang unggul sesuai tugas dan fungsinya. Oleh karena itu, untuk mendukung pencapaian tersebut diperlukan koordinasi, sinergi dan sinkronisasi baik antar sesama lembaga litbang maupun lembaga terkait lainnya.” ujar Patdjono.

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup (BP2LHK) Palembang sebagai PUI Restorasi Lanskap Hutan Dataran Rendah berkesempatan untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan lembaga lain diantaranya Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer-LAPAN dan Balai Riset Pemuliaan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dalam rangka sinergi hasil riset. Selain itu, BP2LHK Palembang juga melakukan koordinasi dengan Pusat Penelitian Karet-PT Riset Perkebunan Nusantara dan Balai Perbenihan Tanaman Hutan-KLHK.

Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Jenderal Ainun Na’im, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati, Direktur Lembaga Litbang Kemal Prihatman, 137 Lembaga PUI Litbang dan PUI Perguruan Tinggi, Badan Litbang Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), LPPM dari Instansi Induk PUI Perguruan Tinggi, Tim Pakar Pusat Unggulan Iptek. (nsoe**).

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar